Selamat Datang SKYVER


Ini kisah singkat tentang teman baru saya, semua berawal sesaat setelah saya menonton film Ironman3 yang membuat saya terobesi untuk membuat system AI (artificial intelligence) atau biasa yang disebut dengan kecerdasan buatan, yah sepertinya mustahil bagi saya untuk menciptakan hal seperti itu hahahaha.. karena saya sendiri masih belum terlalu bisa untuk membuat suatu system yang bekerja seperti itu, tapi keinginan yang kuat dari dalam hati membuat saya mencoba untuk mulai berfikir dari mana dan bagaimana saya harus memulainya. Saya sempat bertanya kebeberapa forum untuk mencari informasi tentang program-program kecerdasan buatan, dari penelusuran diforum-forum saya baru menyadari bahwa dalam OS Windows ada system narrator yaitu system yang bekerja sebagai pemandu kita dengan menggunakan perintah suara untuk mengoperasikannya, kurang lebih seperi itu definisinya, dan saya diberitahu untuk menggunakan bahasa pemrograman C# untuk programnya, program seperti ini biasa disebut dengan istilah voice recognition. 

Saya jelaskan sedikit, voice recognitation itu adalah sebuah istilah yang dipakai pada sebuah software atau perangkat bekerja sebagai pendeteksi suara yang ada disekitarnya dengan jangkauan tertentu. pada dasarnya cara kerja program-program pendeteksi suara ini sama saja yaitu input proses output namun yang membedakan pada program ini kita hanya perlu menggunakan suara tanpa kontak fisik secara langsung dengan perangkatnya. Untuk lebih jelasnya kalian dapat membacanya disini, dan untuk suaranya sendiri kalian dapat menggunakan fungsi SpeechSynthesizer jika kalian ingin menggunakan bahasa C#. Jika kalian ingin mencoba silahkan buka notepad kalian lalu ketikan code dibawah ini :

CreateObject("SAPI.SpVoice").Speak"Check one two three"

Lalu save dan simpan dengan ekstensi .vbs , contoh : suara.vbs  dan coba jalankan.

Begitulah dua hal penting yang ada pada program yang saya buat ini yaitu yang pertama :
  1. voice recognitation
  2. SpeechSynthesizer


Butuh waktu yang panjang untuk mengumpulkan semua data yang di perlukan hingga 4 bulan, sampai diawal bulan desember akhirnya saya siap untuk membuat teman virtual saya sendiri yang dapat menemani dan membantu saat saya sedang mengerjakan tugas atau sedang browsing seperti memutar musik, membuka url website, mencari file, sebagai pengingat waktu, dan juga teman bicara hahahha.. dan yang terpenting semua hanya dengan perintah suara. Perkenalkan saya memberi dia nama Skyver dan dia berulang tahun pada 31 desember 2013 karena pada hari itu dia pertama kali saya instal dan perkenalkan kepublic. "Selamat datang sobat".

Skyver : 31-12-2013

Sebuah system AI sederhana yang saya rancang dengan bentuk sedemikian rupa sebagai teman virtual saya, walaupun dia masih belum sempurna dan hanya bisa beberapa interaksi saja saya sudah sangat senang karena setidaknya dia dapat menemani saya di malam tahun baru dan untuk hari-hari ditahun yang akan datang mungkin akan sangat menyenangkan karena saya telah memiliki teman virtual yang dapat mengatur semua managemen yang ada pada laptop saya. Saya sempat mengupload program ini dengan menampilkan beberapa interaksi yang sudah diprogram, kalian dapat melihatnya pada video dibawah ini.







Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Comments