Membuat Aplikasi Pengunci Desktop Sederhana Cepat dan Mudah Dengan Visual Basic 2008 / 2010



[Perhatian] 
Sebelum saya menjelaskan lebih jauh saya harap anda sebagai pembaca sudah mengetahui cara mengoperasikan dan membuat program sederhana dengan Visual Basic 2008 / 2010, yah saya harap demikian karena pada tulisan kali ini saya hanya akan menjelaskan cara pembuatannya saja. 
Bagi yang belum tahu bisa mendownload tutorialnya disni.



"Membuat program pengunci desktop" mungkin bagi sebagian orang akan berfikir bahwa hal tersebut sangatlah rumit dan membutuhkan code program yang sangat panjang, namun pada tulisan kali ini akan saya jelaskan bahwa begitu mudahnya kita bisa membuat program pengunci dekstop yang sederhana, cepat dan mudah dengan memanfaatkan setingan-setingan properties pada Visual Basic.Net 2008/2010. Berikut langkah-langkahnya :

Buatlah satu project baru dan beri nama kunci Desktop, kemudian ubah beberapa nilai properties dari Form1 seperti keterangan dibawah ini :

  • BackColor = CornflowerBlue / Warna lain yang kalian inginkan
  • FormBorderStyle = None
  • WindowState = Maximized
  • ShowIn Taskbar = Fasle
  • TopMost = True

Setelah itu tambahkan beberapa control yang akan kita gunakan seperti satu Textbox, Label, dan Button. Klik control Textbox lalu masukan karakter "*" (tanpa kutip) pada properties PasswordChar, seperti gambar berikut :


Selanjutnya, ubahlah tampilan program sesuai dengan tampilan dan penempatan control yang kalian inginkan. Berikut contoh tampilan program yang saya buat.


Pada langkah selanjutnya kita akan menulis code program pada Event FormClosing, event adalah suatu tindakan penanganan perintah yang dilakukan oleh control atau objek sesuai dengan status objek yang ada. Disini kita akan menggunakan Event FormClosing, jadi kesimpulannya seperti ini, code program akan bekerja apa bila program saat ingin ditutup. Contoh lainnya seperti Event Formload pada gambar dibawah ini.


dari contoh diatas, saat program dijalankan pertama kali maka program akan menampilkan pesan dengan text "Halo, apa kabar?". 

Berikut code program secara lengkap :


Private Sub Form1_FormClosing(ByVal sender As Object, ByVal e As System.Windows.Forms.FormClosingEventArgs) Handles Me.FormClosing

e.Cancel = True

End Sub


Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click

If TextBox1.Text = "1234567" Then
End
Else
TextBox1.Text = ""

End If
End Sub






Hasil Tampilan Program :



Keterangan Program :

Saat program dijalankan fungsi TopMost yang kita ubah menjadi True akan diaktifkan, dan fungsi dari properties ini adalah menjadikan tampilan form selalu yang terdepan sehingga tidak dapat berpindah ketampilan window yang lainnya. Code pada Event Form_Closing untuk menangi fungsi Alt+F4 yang biasa kita gunakan untuk menutup suatu jendela program, selain itu pada Event Button1_Click berfungsi untuk mengecek password yang dinput, apa bila nilai yang diinput adalah "1234567" (tanpa kutip) maka program akan ditutup atau berakhir, jika selain dari itu maka program hanya akan menghapus nilaiyang sudah dinput pada kolom textbox atau password dianggap salah. Password "1234567" bisa kalian ganti dengan password kalian sendiri.



Pengembangan :


Program ini tentu jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kalian dapat mengembangkannya menjadi program yang baik lagi dari segi keamanan dan fungsi yang ditambahkan. Beberapa fungsi yang bisa kalian kembangkan yaitu seperti :

  • Menonaktifkan Taskmanager
  • Membuat Program dijalankan saat pertama start up windows sehingga keamanan PC atau Laptop ada 2 kali lebih kuat.
  • Membuat form ganti password.
  • Jika password salah dan apa bila program terkoneksi dengan internet akan mengirim data lokasi serta keterangan bahwa komputer anda sedang dibobol.

Tentunya hal ini sangat bermanfaat bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Comments