Macam-Macam IDE Serta Tiga Bahasa Pemrogramannya



Kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai IDE yang sering digunakan pada tiga bahasa pemrograman yang populer saat ini, semua tentunya berasa dari pengalaman pribadi dan konsultasi dengan para senior-senior yang lebih dahulu berkecimpung didalam dunia programming. Kita menyadari bahwa kesuksesan sebuah bahasa pemrograman tidak terlepas dari dukugan suatu IDE yang baik. Pengertian dasar tentang IDE sendiri pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, kalian dapat membacanya disini "Klik"

Menegmbangkan suatu program yang berskala besar tentunya harus didukung dengan IDE yang baik pula, berikut jenis-jenis IDE yang sering digunakan untuk membuat suatu program dengan bahasa-bahasa pemrograman yang populer saat ini :

1. C/C++
Bahasa C, bahasa ini merupakan salah satau bahasa pemrograman yang sangat baik dan mungkin bahasa yang terbaik yang pernah dibuat. Berikut IDE yang sering digunakan untuk memuat program standart hingga yang berskala besar menggunakan bahasa C/ C++ :

- DevC++
Biasanya digunakan untuk membuat program-program sederhana, namun dapat juga digunakan untuk membuat program-program dengan level lanjutan seperti openCV, openGL, dan lain sebagainya.











Download


- Visual C++ 2008, Visual C++ 2010, Visual C++ 2012
Bagi para pengguna windows apalagi para programmer siapa yang tidak kenal dengan IDE yang satu ini, IDE yang lumayan banyak digunakan dikalangan para programmer C++, untuk mendevelop program GUI berskala besar biasanya mereka memilih IDE ini.










Download


- Qt
Sebuah framework development aplikasi cross platform, yang secara umum digunakan untuk development program GUI (dalam hal ini dikenal sebagai widget toolkit) dan juga biasa digunakan untuk membuat program non-GUI, seperti console tools dan server. QT juga banyak digunakan oleh sejumlah aplikasi populer seperti KDE, Opera, Google Earth, Skype, dan sebagainya.











Download


2. Java
Java adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi objek dan program java tersusun dari bagian yang disebut kelas. bahasa banyak dikembangkan pada program-program aplikasi desktop, mobile, dan juga web. Berikut jenis-jenis IDE yang sering digunakan untuk membuat program aplikasi dengan bahasa java :

- JCreator
JCreator adalah IDE untuk Java yang diciptakan oleh Xinox Software. Antarmuka yang mirip dengan Microsoft Visual Studio. Karena seluruhnya diprogram dalam C + +


















Download 


- NetBeans
Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) yang berbasiskan Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing merupakan sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi desktop yang dapat berjalan pada berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan Solaris.










Download 


3.PHP, HTML & MySQL
Bagi para programmer siapa yang tidak tahu kedua bahasa ini, walaupun tidak memahami terlalu jauh tentu kita tau bahwa bahasa ini merupakan bahasa pemrograman web yang paling terkenal saat ini selain asp.net dan teknologi silverslight yang dikembangkan oleh microsoft. PHP dan HTML sendiri jelas berbeda, perbedaan yang paling mendasar dari keduanya ialah terletak pada jenis dan kegunaannya, php memiliki konsep serever side sedangkan html berkonsepkan client side. MySQL sendiri merupakan sebuah tools yang kebanyakn diperuntuhkan untuk kedua bahasa ini agar dapat bekerja lebih powerfull. Berikut IDE dan Editor yang paling sering digunakan untyk kedua bahasa ini :

- Notepad++
adalah sebuah penyunting teks dan penyunting kode sumber yang berjalan di sistem operasi Windows. Notepad++ menggunakan komponen Scintilla untuk dapat menampilkan dan menyuntingan teks dan berkas kode sumber berbagai bahasa pemrograman.









Download

- Dreamweaver
Dreamweaver merupakan perangkat lunak yang ditujukan untuk membuat suatu situs web. Versi pertama dirilis pada tahun 1997, dan sejak itu Dreamweaver menjadi web editor yang banyak digunakan oleh para web developer. Hal itu antara lain karena kemudahan dalam penggunaannya, kelengkapan fiturnya dan juga dukungannya terhadap teknologi terkini. Dreamweaver merupakan salah satu perangkat lunak yang dikembangkan oleh Macromedia Inc . Dan sekarang resmi Milik Adobe.












Download


- Navicat
Navicat seperti kita ketahui adalah sebuah tool yang biasa kita gunakan untuk administrasi database MySQL yang berbasis GUI. Sistem administrasinya yang mudah dan cepat membuat navicat menjadi sistem administrasi MySql yang cukup baik bila di bandingkan dengan PhpMyAdmin dan sebagainya.

















Download

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
6 November 2013 pukul 02.33 delete

Kenapa visual basic tidak disebutkan?
mohon maaf sebelumnya?

Reply
avatar

Comments