Mengunci File Document Penting Dengan Password

Beberpa hari yang lalu saya kehilangan flashdisk yang didalam ada beberapa dokumen yang bisa dibilang penting karena didalam dokumen ada beberapa laporan penting saya (Laporan Penulisan Ilmiah), tentu saya khawatir karena dokumen tersebut tidak saya beri password karena saya yakin bahwa saya adalah seorang yang baik dalam menjaga barang-barang jadi tidak perlu menggunakan keamanan lebih untuk hal-hal seperti ini ^_^, tapi semua ini memberi saya banyak pelajaran untuk selalu berhati-hati (semoga saja orang yang menemukannya tidak menggunakan atau memanfaatkan dari apa yang saya buat, karena akan merugikan saya hahahaha). Dengan kejadian ini saya akan berbagi tips untuk memberi keamanan pada file-file penting kita agar bila terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan setidaknya tidak terlalu membebani pikiran kita. Untuk mengunci sebuah file seperti word, excel, power point dan office sekeluarga lainnya sebenarnya sudah disediakan, ada dua cara yang akan saya jelaskan yaitu cara biasa dan cara kerennya.

Cara biasa :
Sebenarnya cara ini sangat ampuh dan mudah digunakan untuk memberi keamanan pada file kita, sebagai contoh sekarang buka program word dan buat sebuah dokumen sederhana, anggaplah dokumen yangs sedang kalian buat adalah dokumen penting kalian, bila sudah sekarang tekan Ctrl + S untuk save dokumen, isi nama file dan Jangan Langsung Menekan Tombol Save, oke..  pilih menu Tools disebelah tombol save dan klik menu General Option... 


masukan password untuk dokumen yang akan kalian buat sesauai yang kalian inginkan, pastikan passoword yang anda masukan sesuai.


Setelah itu save seperti biasa dan coba buka dokumen tersebut, jika langkahnya benar maka akan tampil seperti gambar ini


Terlihat biasa bukan? selanjutnya saya akan jelaskan cara yang kedua yang terlihat lebih keren, jelas akan berbeda cara pembuatannya.


Cara Keren :
Kenapa saya bilang cara keren karena selain ada codingan yang kita gunakan cara ini mungkin juga bisa memberikan seorang pembajak dokumen pelajaran agar lain kali tidak mencoba untuk mengambil dokumen orang lain dengan tanpa izin "kalau memang dokumennya dicuri, klo emang engga yah deritanya dia karena terlalu kepo ahahahha".
penasaran? sekarang kita buat contohnya dengan membuat dokumen baru, anggap saja dokumen yang dibuat itu adalah dokumen yang penting (contoh). 

Pertama :
Setelah memubuat contoh dokumen, pilih menu view (disini saya contohkan dengan menggunakan office 2007) lalu klik icon Macros.



Kedua :
ketik "AutoOpen" (tanpa kutip) text macro name : , dan ganti macr in menjadi Doceument 1, lebih jelasnya lihat gambar ini


klik create untuk melanjutkannya. akan muncuk seperti gambar dibawah ini :



Catatan Kecil : 
Biar kalian tidak bingung akan saya jelaskan sedikit apa yang kita buat ini. Cara yang kedua saya memanfaatkan fungsi macro yang tersedia pada setiap office yang ada, kurang lebihnya macro adalah fungsi tambahan yang diperuntuhkan agar dokumen dapat dikelolah dengan menggunakan code sumber, code sumber yang digunakan menggunakan code sumber vbscript. Macro biasanya berfungsi sesuai nama macronya, sebelumnya kita telah menamai macro dengan naman AutoOpen hal ini dimaksudkan bahwa setiap kali dokumen ini dibuka makan code sumber yang berada didalam dokumen ini akan langsung dieksekusi, sebagai contoh bila didalam code sumber itu terdapa code seperti ini :


sub AutoOpen()
msgbox "hallo user, selamat bekerja";
End Sub

maka saat dokuem dibuka akan muncul pesan seperti ini "hallo user, selamat bekerja". 
pada bagian Macros In kita sempat mengubahnya menjadi Document1, perlu diubah agar code sumber yang kita buat hanya dikhususkan untuk dokumen ini saja bukan keseleuruh dokumen yang tersimpan dikomputer kita. Begitulah pengertian macro pada umumnya namun jangan dijadikan patokan karena pemaham macro pada office sangatlah luas kegunaan dan fungsinya.


Ketiga :
Masukan code sumber speerti gambar dibawah berikut


Ganti kata "rahasia" dengan nama yang anda inginkan sebgaia password yang akan digunakan. setelah itu klik icon save atau save dan simpan dokumen anda seperti biasa. Sekarang dokumen anda telah diproteksi dengan password.

"Terus apa yang keren? bukannya sama saja...? "  Jangan khawatir saya akan menunjukan suatu fakta yang menarik. 
coba kalian peratikan kembali kondisi pada code program yang sudah kalian ketik, kurang lebihnya alur programnya seperti ini, jika nilai pada variabel pass sama dengan rahasia maka selesai jika selain dari itu akan muncul pesan "Password yang anda masukan salah." pada bagian else inilah kalian dapat memasukan code virus atau apalah terserah kalian sehingga jika apabila passwordnya salah program akan mengerjakan sesuatu hal yang mungkin akan membuat sipembajak jera.
kalian bisa memodifikasinya seperti ini :
Pertama tampilkan dulu pesan "Perhatian, masukan password dengan benar jika tidak komputer anda akan terkena virus" atau seperti apalah terserah kalian, lalu pada bagian elsenya klian bisa memasukan code program seperti ini :

for i = 0 to 100
msgbox "Jangan Membajak"
next

efeknya pesan akan ditampilkan terus menerus hingga seratus kali. kalian bisa mengganti angka 100 menjadi 200, 300 atau lebih.


atau kalian dapat menemukan sendiri code sumber ini :

Set wshShell = wscript.CreateObject("WScript.Shell")
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys "~(enter)"
loop 

Code sumber ini berfungi untuk menekan tombol enter terus menerus.


Banyak cara yang kalian bisa gabungkan dan kombinasi sesuai keinginan kalian. Sekarang terserah dari kalian bagaimana tindakan kalian dalam menjaga file-file penting kalian apapun caranya saya sarankan tetap gunakan password pada file yang mungkin menurut anda sangat penting.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Comments